Secara garis besar, land arrangement (LA) merupakan proses pengurusan segala keperluan perjalanan haji dan umrah selama Anda berada di Tanah Suci. LA mencakup penjemputan calon jamaah haji dan umrah saat tiba di Bandara, baik itu melalui Bandara King Abdul Aziz di Jeddah, terminal internasional, maupun terminal Saudia. Tidak hanya itu, pemilihan sarana transportasi, akomodasi, serta konsumsi pun tidak luput dimasukkan dalam LA.

Dalam LA umrah dan haji, dikenal adanya istilah Jed to Jed atau Jeddah to Jeddah. Istilah tersebut merupakan nama paket LA yang sering ditawarkan para penyedia jasa perjalanan haji dan umrah karena mayoritas pesawat tujuan Arab Saudi mendarat di Jeddah.

Nah, setelah memahami pengertian land arrangement, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui mengenai komponen LA, khususnya untuk paket perjalanan umrah backpacker. Apa saja? Kita simak poin-poinnya berikut ini:

Penjemputan di Bandara

Penyedia jasa land arrangement umroh akan menjemput Anda setibanya di bandara dan mengantar ke penginapan.

Handling Bandara

Handling bandara memiliki arti bahwa penyedia jasa LA memastikan keamanan di sekitar bandara serta mencatat jadwal kedatangan dan kepulangan secara spesifik.

Transportasi Selama di Tanah Suci

Sarana transportasi yang disediakan dalam paket LA umrah adalah transportasi standar yang meliputi rute Bandara Jeddah-Madinah, Madinah-Mekkah, Mekkah-Bandara Jeddah, Tur Kota Mekkah, serta Tur Kota Madinah.

Konsumsi

Konsumsi yang disajikan dalam paket LA umrah ini meliputi sajian selamat datang, makanan prasmanan dengan menu masakan Indonesia yang diberikan tiga kali sehari, makanan pelengkap seperti kopi, teh, dan roti, serta camilan dan air mineral. 

Akomodasi

Fasilitas akomodasi yang disediakan penyedia jasa biasanya merupakan penginapan atau tempat tinggal sementara yang berlokasi di sekitar Masjidil Haram.

Air Zam-Zam

Masing-masing anggota rombongan biasanya akan diberikan jatah air zam-zam sebanyak 10 liter. Jatah air zam-zam ini banyak dijadikan sebagai buah tangan untuk sanak kerabat di tanah air, banyak pula yang menjadikannya konsumsi pribadi.

Muthawif/Muthawifah atau Pemandu Kegiatan

Paket land arrangement juga tidak lupa menyertakan muthawif atau pemandu rangkaian kegiatan di Tanah Suci. Hanya saja, muthawif tidak terus menerus hadir. Muthawif bertugas untuk memandu para jemaah, menjelaskan sejarah tempat-tempat yang dikunjungi di Tanah Suci, juga bertindak sebagai interpreter bahasa Arab.

Para jemaah perempuan memiliki pemandu kegiatannya sendiri, yakni muthawifah atau pemandu perempuan. Muthawifah biasanya hadir untuk memandu para jemaah perempuan ketika berada di Raudhah, tempat yang berada di antara mimbar dan kuburan Rasulullah Muhammad SAW.

Layanan Kesehatan dan Keselamatan Jemaah

Untuk mengantisipasi jemaah yang jatuh sakit, penyedia jasa land arrangement umroh pun telah menyiapkan layanan kesehatan berupa akses transportasi ke rumah sakit terdekat serta bantuan dalam mengurus segala proses administrasinya. Di samping itu, mereka juga akan membantu para jemaah yang mengalami peristiwa tidak terduga selama di Tanah Suci, seperti kehilangan paspor atau barang berharga lainnya. Pengeluaran untuk mengurusi biaya rumah sakit atau pembuatan pulang paspor akan dibebankan kepada jemaah.