EDUKASI PENTING BAGI CALON JAMAAH UMRAH ATAU TRAVEL PARTNER

Menurut anda, Paket Umroh Murah Yang Logis Berapa Harganya?

By: Umrah & Hajj Consultant ZAIN@SHAFANA.CO.ID


Anda Atau Saudara Ingin Umrah atau Anda Ingin Menjajaki Kerjasama Partnership dengan travel Umrah? Baca Artikel Ini Sampai Tuntas Agar Tidak Menjadi Korban Penipuan!

Tahukah Anda sudah teramat banyak korban penipuan Travel yang menyelenggarakan ibadah umrah?
Tahukah Anda bahwa telah banyak pemilik travel, Kiyai, dan Ustadz yang dimasukan hotel prodeo karena diduga melakukan tindak penipuan atau karena salah dalam memilih partner penyelenggara ibadah umrah?

Oleh karenanya, ambil pedulilah agar Anda atau saudara dan sahabat Anda tidak menjadi korban berikutnya karena bujuk rayu dan iming-iming paket umrah murah.  Kewaspadaan & kehati-hatian sebuah kemestian sebelum memilih sahabat perjalanan atau partner bisnis penyelenggaraan ibadah umrah/haji Anda.

TIPS MEMILIH TRAVEL UMRAH AGAR IBADAH UMRAH ANDA AMAN DAN SUKSES.
Ada beberapa hal yang Anda harus ketahui sebelum memilih Travel Umrah, di antaranya:

1.    HARGA PAKET UMRAH MURAH YANG LOGIS
Berapakah harga paket umrah yang logis? Ini sering menjadi pertanyaan disetiap kajian umrah yang kami lakukan. Untuk menjawab hal ini maka kami berikan cara menghitung biaya umrah yang paling murah tapi logis secara kalkulasi matematis. Paket Umrah terdiri dari beberapa komponen biaya, yakni :
a)    Tiket PP, paling murah $800 (Rp. 11 jutaan)
b)    Akomodasi & Transportasi Saudi, minimal $270 (Rp 4 jutaan)
c)    Visa umrah $70 (Rp 1juta)
d)    Total lebih kurang Rp16 juta, belum termasuk biaya pembimbing; perlengkapan & handling; margin perusahaan; & marketing fee.

2.    SIAPA YANG AKAN MEMBIMBING ANDA?
Hal ini menjadi sangat penting karena umrah bukanlah perjalanan wisata biasa, akan tetapi ia adalah perjalanan ibadah yang syariatnya sudah diatur oleh Islam dan dicontohkan oleh Rasul dan para sahabat.
Bagaimana mungkin Anda bisa meraih pahala umrah/haji yang mabrur bila pembimbingnya tidak berilmu dan tidak berpengalaman dalam memberikan bimbingan sesuai sunnah Rasulullah, padahal sudah jelas dari Rasulullah bahwa “tertolak sebuah amalan ibadah bila menyelisihi dari apa yang pernah dicontohkan oleh beliau shallallaahu alaihi wasallam”. Menjadi mubazir dan sia-sia biaya, waktu, dan lelahnya fisik yang Anda keluarkan bila tidak menghasilkan pahala terbaik dari Allah Jalla wa ‘Alaa.

Dalam kaitan ini calon Jamaah juga perlu menanyakan apakah pembimbing akan menemani Anda dari Indonesia ke Saudia dan sampai kembali ke Tanah Air atau Anda hanya akan menemani di Saudi saja. Tidak sedikit travel yang sekedar mencari keuntungan materi semata dengan mengenyampingkan urgensi pembimbing yang betul-betul menemani seluruh Jamaah dari Tanah air sampai kembali ke Tanah Air. Waktu 9 jam lebih perjalanan dari Indonesia ke Saudi bukanlah waktu sebentar, tidak jarang ada Jamaah yang sakit atau bahkan koma dalam pesawat. Bila tidak ada pembimbing dari travel, siapakah yang akan bertanggung jawab mengurus Jamaah tersebut?

Pembimbing yang kurang berilmu boleh jadi akan melakukan tindakan yang akan merugikan Jamaah secara materi, seperti contoh yang sering berlaku adalah menyamakan semua denda pelanggaran ihram dengan menyembelih seekor domba, padahal syariatnya tidak demikian. Atau bahkan yang lebih bahaya lagi dimana Jamaah diarahkan untuk melakukan kemusyrikan, padahal esensi dari umrah/haji adalah untuk meluruskan dan mengokohkan ketauhidan kita kepada Allah Subhanahu wa Ta’alaa. Sebagai contoh pembimbing mengarahkan Jamaah untuk menuliskan hajatnya di tugu pertemuan Adam & Hawa di Jabal Rahmah, padahal hal ini masuk kategori Syirik kepada Allah.

3.    APA MASKAPAINYA
a)    Tanyakan jenis maskapainya sebelum berangkat, direct flight kah atau transit, regular atau charter flight;
b)    Cek nomor kode bookingnya atau PNR atas tiket tersebut, lalu cocokan melalui website resmi maskapai tersebut;
c)    Cek apakah tiket tersebut PP atau hanya sejalan/one way.

4.    AMAN VISA UMRAHNYA
Minta kepada penyelenggara/travel copy visa Anda sehari sebelum keberangkatan untuk memastikan bahwa Anda bisa berangkat tepat waktu, meskipun terkadang kebijakan pemerintah Saudi berubah – ubah dalam hal pengeluaran visa umrah.

5.    BAGAIMANA AKOMODASI DI SAUDI
a)    Apa nama hotel di Makkah & Madinah yang akan Anda tempati sesuai paket yang dipilih;
b)    Berapa jauh jaraknya dari Masjidil Haram;
c)    Bagaimana Meal Plan-nya, Full board atau Room only, Restoran Hotel atau Catering;
d)    Apa nama syarikah bus yang akan digunakan;
e)    Dan yang tak kalah pentingnya adalah Jadwal Perjalanan (ITINERARY), adakah kajian keilmuan, muhasabah, qiyamul lail yang dipandu pembimbing atau Anda dilepas begitu saja.

HAL YANG HARUS DIHINDARI:
1.    Tiket dari Maskapai Non Reguler/Charter, pesawat akan menerbangkan Jamaah umrah bila kuota seatnya terpenuhi;
2.    Marketing umrah MLM dan sejenisnya, dilarang oleh MUI;
3.    Marketing umrah dengan system marketing PONJI. Jamaah yang dapat berangkat sesungguhnya telah mendzalimi Jamaah di grup berikutnya yang bisa jadi akan dikorbankan;
4.    Biaya paket umrah di bawah Rp 17 juta;
Tidak sedikit fakta di lapangan, travel yang membuat promo paket umrah di bawah harga standar, namun ketika Jamaah tiba di Saudi dimintai uang tambahan kembali, tiket hanya disiapkan sejalan (one way), hotel yang sangat jauh tidak sesuai dengan perjanjian, dan lain sebagainya.

Dengan idzin Allah jalla wa ‘Alaa, insya Allah bila hal di atas terpenuhi, Anda akan mendapati keamanan dan keselamatan dalam perjalanan ibadah umrah/haji Anda. Karena yang perlu Anda garis bawahi adalah bahwa Anda dapat berangkat untuk menunaikan ibadah umrah/haji bukan karena kemampuan finansial Anda, bukan pula karena sehatnya fisik Anda, atau karena kehebatan travel penyelenggara, melainkan karena semata idzin dari Pemilik Ka’bah Allah Subahanahu wa Ta’alaa.

Wallahu muwaffiq
Umrah & Hajj Consultant
Zain Al Bantany - www.shafana.co.id
MP/WA: 0811-111-6559