Shafana Travel, Jl. K.H.M Yusuf Raya No. 20 Depok

Senin-Sabtu, 8.00-18.00. Ahad TUTUP

+62 811 111 6559 / 021-2761-3238

Umroh Itikaf

3 September 2019 shafana

PAKET UMROH ITIKAF RAMADHAN 2019 PENUH CERITA

ITIKAF DI MASJIDIL HARAM 

Jika berkelapangan rezeki, beritikaflah 10 hari terakhir Ramadan di Masjidil Haram. Ga perlu mahal. Cuma modl transport sama visa dan makan saja. NIKMAT yang menurut saya harus dirasakan sebelum mati.

 

TIPS ITIKAF DI MASJIDIL HARAM :

 

1. Niat dan Sabar.

Ini harus kokoh banget. Ujian kesabarannya ruar biasa (buat saya sih). Bayangin, jutaan org dari beragam suku dan ras dgn budaya dan tingkat pendidikan berbeda, tumplek blek di satu masjid : ibadah, makan, tidur, dan memakai toilet bersama2.

 

2. Fisik.

Nah ini yg di luar dugaan buat saya. Dan mmg ga cari tau apa2 sblmnya. Di Indo Isya jam 19.00. Selesai taraweh paling lama jam 21.00 kan. Di Makkah kebetulan pas waktu Isya’nya jam 21.00an. Dan jangan ngarep juz amma ya.🤣. Jadi baru selesai witir jam 23.00. Kelar? Ya ngga dong.. namanya juga itikaf Ramadan di masjid istimewa pula. Jam 01.00 ada qiyamul lail sampai jam 03.00. Alunan Syekh As-Sudais bikin pingin nangis sekaligus berperang melawan kantuk! Saya sendiri hampir selalu ngalamin rasa melayang atau sujud kelamaan alias ketiduran. Astagfirullah.. Tapi ini adaptasi awal aja sih. Selanjutnya tubuh bs adaptasi. Oiya, habis itu langsung sahur karena subuh jam 4.00 🤣

 

Sudah kuat niat? Sudah punya tabungan sabar?

 

Nah.. lanjut tips dari saya

 

3. Kalo bawa koper atau backpack, gimana cara masuk Masjidil Haram yang melarang bawa tas besar dan memeriksa ketat?

 

Begini.. kalo kebetulan beramai2 sama teman2, kita sewa hotel yg agak jauh saja, buat nyimpen barang besar. 1 kamar yang 2 kasur pun cukup, karena kan cuma buat simpan koper atau mandi2 jika malas mandi di masjid. Kenapa sewa hotel yg jauh? Selain karena murah, jarak tempuh juga menguatkan niat kita utk istiqomah itikaf a.k.a anteng tinggal di masjid. Siapa juga yg mau bolak-balik jalan kaki 1-2 km diterik 46 derajat celcius? 😂. Jadi biasanya ngakalin balik ke hotel utk mandi saja sehabis subuh dan buru2 balik lagi sblm matahari muncul. Oiya, di dalam Masjidil Haramnya sejuuuuuk.. jadi ga keringetan dan dijamin berat melangkah keluar apalagi kalo pingin merasa afdol itikafnya.

 

Alternatif lain, kalo cuma sdri atau berdua, bisa sewa luggage locker di dpn Masjidil Haram. Antri. Tapi senang lah.. orang Indo terkenal orang baik di sini.. pintar mengantri katanya 😁. Timbang2 aja total harganya dibanding sewa hotel yg bs dicek via aplikasi/portal travel atau minta bantuan agen

 

Kalo bawaan cuma tas kecil, bisa dibawa ke dalam. Sesungguhnya kita ga akan butuh baju banyak kalo anteng di masjid. Paling keringetan kalo habis umroh atau tawaf siang2 dan di dekat Ka’bah. Di dalam Masjidil Haram ada 600 loker utk simpan barang berharga lengkap dg USB Port dan lampu LED! Jadi bs charging hp di situ. Jadi biar hemat baju, sy lebih sarankan yg warna gelap biar awet. Mandi bisa di toilet masjid yang alhamdulillah tahun lalu sih bersiiiih dan tak berbau. Jamaah2 negara lain malah banyak yg cuci baju di tempat wudhu yg sepi kalo pagi. Lalu jemur di tangga menuju toilet. Ya suhu 40 derajat sih, lgsg kering ya saat kelar mandi 😂 asal pilih baju yg bahannya ringan dan mudah kering.

 

Urusan koper beres.. yuk mari cari shaf di dalam Masjidil Haram 😍.

 

4. Memilih Shaf

 

Saat memilih shaf, sebaiknya dekat keran air zam-zam (bukan galon zam-zam). Bawalah botol minum kosong, utk menampung zam-zam saat keran menyala, krn saat siang keran zam-zam mati. Jangan di momen jelang jam sholat, biasanya ramai. Zam-zam di botol berfungsi utk wudhu atau persiapan buka puasa agar tidak mengantri saat akan berbuka atau utk wudhu saat ingin menghemat energi agar tdk perlu ke tempat wudhu yang tak jarang jauh.

 

Lalu pastikan shaf yg dipilih bukan di jalur jalan, atau akses lalu lalang, sebaiknya agak di sudut atau di pinggir agar shaf anda tidak bolak-balik terinjak dan kekhusyuan anda terganggu. Oiya, menjauh dari kipas angin atau AC krn akan sangat dingin meski di luar 46 derajat celcius. Biar ga masuk angin juga sih 😁

 

Saya lebih suka memilih shaf dekat warga negara lain agar tidak ingin ngobrol apalagi curhat 😂 tapi ini pun mempererat ukhuwah antar bangsa. Jd seru aja.. alhamdulillah jd punya temen dr bbrp negara gara2 shaf.

 

Menjelang ashar, jamaah mulai ruameeeee.. jd sebaiknya duduk manis di shaf karena kalau ditinggal, sekejap mata akan hilang meski sudah dititip tetangga shaf atau ditaroh tas. Hanya aman kalo ditidurin😄.

 

Dan jika shaf anda direbut, tak usah marah, pindah saja ke rooftop kalo sore hingga subuh krn asik banget sholat di bawah bintang di udara terbuka. Bisa juga ke gedung baru tapi tdk ada akses langsung ke Ka’bah, tapi uadeeeem dan luaaaas. Pindah2 shaf menghilangkan jenuh juga mengingat akan menetap 10 hari kan.. dan insyaAllah berpahala krn menyedekahkan shaf pada org lain asal ikhlas dan sabar.

Ishbiruu wa shoobiruu wa roobituu

Enjoy your shaf! 😍

 

5. Makanan dan Sedekah

 

Berbuka dg kurma dan zamzam aja udh kenyang bgt. Magrib sekitar jam 19.00an. Selepas sholat magrib bs makan.

Anda punya uang pas2an? Jangan sedih. Ga usah mikirin berbuka dan sahur pake apa. Ga perlu minta juga. Orang berlomba2 bersedekah di sini. Dari kurma-roti bertaburan. Mau ngumpulin utk dibawa pulang jadi oleh2 juga bisa. BERLIMPAH!

 

Anda punya rezeki berlebih? Bisa makan di mal di seberang. Karena jarak magrib ke Isya cukup lama. Tapi biasanya antri. Jadi better beli dari selepas Ashar. Naaah jangan sungkan sedekah juga. Belilah selain kurma (kurma udh banyak beud), dan bagikan di dalam masjid. Bilang sama askar utk sedekah. Kalo tetap ga boleh, bagikan di selasar arah masuk masjid. Jangan di jalan. Bikin berebut.

 

Sahur biasanya mulai jam 3 pagi. Kita bs makan di selasar masjid atau di rooftop. Sebaiknya beli selepas taraweh jam 23.00 agar tak antri. Jika ingin hemat, roti-roti yg dibagikan saat berbuka bs diandalkan.

Serulah!

 

6. Tidur

 

Biasanya, selepas sholat subuh, byk yg pulang ke hotel. Buat yg ga sewa hotel (biar afdol itikaf, mending ga usah sewa hotel jadi ga manja tergoda pingin pulang ke hotel), bisa cari tempat di dalam masjid ba’da subuh. Biasanya cukup kosong. Rooftop nyaman hanya saat ashar smp dhuha. Habis itu panas..

 

Kalo ngantuk banget, dan habis subuh ga tahan ga tidur, maka tidurlah.. nanti jam 7an dtg petugas kebersihan yg berisik bikin bangun 😂. Tapi kalo mau ibadah dulu, lebih enak. Nanti stlh selesai dibersihkan, selepas dhuha menunggu zuhur, bisa bobo di shaf kita. Alasin apalah biar kalo ileran ga ngotorin masjid 🤣. Kalo saya bawa sleeping bag sama bantal tiup.

 

Jangan khawatir atau sungkan.. nyaris semua org tidur kok krn malamnya kan begadang

 

7. Itikaf dengan anak-anak

 

Alhamdulillah, banyak yg bawa anak2 khususnya warga negara lain. Anak saya 6 tahun, bisa tetap enjoy the moment. Cukup bawa buku Iqra-nya, buku2 cerita bertema agama dan alat gambar. Kebetulan dia suka dibacain buku dan menggambar. Bertemu dg anak2 bangsa lain juga pengalaman seru buat anak saya, sekaligus pemandangan lucu buat org dewasa di sekitar. Hanya dengan pensil warna, anak2 beda bangsa dan bahasa ini bisa lancar berkomunikasi. Tentu dg bahasa cinta saja 😂.

 

Jadi kalo mau bawa anak, silahkan bawakan hal2 yg menyenangkan anak khususnya terkait belajar agama. Saya sih tidak kasih HP ya.. takut berisik dan bikin malas ikut sholat saat tiba waktunya sholat.

 

Libatkan anak dalam semua aktivitas. Oleh karena posisi shaf saya dekat keran zam-zam dalam masjid, maka dia menjadi salah satu penanggung jawab pengisi botol zam-zam. Pastikan dulu situasi tidak sdg padat ya.. dan tetap diawasi. Lalu, jika bersedekah makanan di dalam masjid, berikan ia tanggung jawab utk membagikannya. Anak akan sangat senang keliling antar shaf dan punya rasa bangga saat org dr berbagai bangsa mengucap terimakasih atau dg memberi senyum/mengusap kepala/mencubit pipi. Anak saya malah balik-balik punya banyak real uang Lebaran, dikasih bbrp ibu2 katanya 🤣.

 

Manajemen toilet. Ini penting. Tertibkan waktu ke toilet, sepakati bersama jam toilet. Sehingga tidak mengganggu ibadah.

 

Waktu tidur. Anak saya yg 6 tahun tidak saya paksakan tarawih sampai tuntas, krn bacaannya panjang2 maka baru selesai jam 23.00. Selepas Isya, dia boleh ikut tarawih semampunya sampai ngantuk. Sepakati juga di awal, hanya kalo ngantuk boleh stop. Bukan utk main. Saya juga bawakan sleeping bag dan bantal tiup untuknya.

 

Buat semenyenangkan mungkin lah pokoknya. Alhamdulillah.. si 14 tahun dan si 6 tahun tidak ada keluhan sedikit pun. Semua senang.

 

8. Persiapan Sholat Ied dan Tawaf Perpisahan

 

Ini luar biasa rasanya. Kepergian Ramadan di sini bikin bener2 pingin nangis. Boro2 mikirin baju lebaran apalagi ketupat. Pokoknya bawaannya pingin mewek lah. Apalagi liat satu per satu orang2 menggeret koper utk kembali ke tanah air masing2. Ga nemu yg berwajah sumringah sih. Yg ada wajah2 melow sejak siang di Ramadan terakhir hari itu.

 

Saya dan anak2, selepas Sholat Isya, kembali ke hotel utk tidur dan mandi agar Lebaran segar dan bersih sesuai sunnah dan kembali ke Masjidil Haram jam 3 pagi. Ternyata pulang ke hotel dan tidur di hotel salah BESAR! 😑

 

Seharusnya, selepas Isya, mandi bersih2 dan ganti baju lalu segera kembali ke masjid, karena jam 3.00 pagi itu, shaf Sholat Ied sudah sejauh 700an meter dari Masjidil Haram. Kami berusaha tetap maju. Gagal karena mmg sudah padat. Ya sudah, malam itu, suami sih aman krn dia mandi di masjid, jadi sampai Sholat Ied tetap di shaf-nya di dalam Masjidil Haram. Saya dan anak2 di jalanan sejauh 700m dr Masjidil Haram dan itu masih termasuk shaf terdepan 😂.

 

Selesai Sholat Ied kami lanjut menuju ke arah Masjidil Haram. Ini harus sangat hati2 krn melawan arus. Jd ikuti dan patuhi arahan petugas. Ga usah buru-buru. Santai saja. Kami pun makan dulu di mal dpn masjid yang pagi itu masih sepi krn mayoritas jamaah lain pulang. Lebaranan makan makanan Arab 😁

 

Buah kesabaran kami, selesai makan, kami tawaf terakhir (kurang lebih 1.5 jam selepas Ied) kondisi Ka’bah justru lengang. Tawaf 7 putaran cuma bbrp menit! 😍. Rupanya banyak orang yg pulang dulu atau makan dulu. Pengalaman seru banget tawaf bs ngebut! Selesai itu.. kami segera menuju Madinah.

 

Ah.. pokoknya rasanya luar biasa. Dan bikin kangen sampai ke ubun2. Pantesan byk jamaah Indo yg bolak-balik umroh akhir

Ramadan. Hal seru lainnya, setiap selesai sholat fardhu selalu ada sholat jenazah. Dan ini mengingatkan kita akan kematian sekaligus iri pada mereka2 yg ditakdirkan wafat dan dimakamkan di Makkah seperti almarhum kakek saya.

 

Saat ini saya cuma berharap bs mengalaminya lagi.. Semoga kita semua bisa umroh dan itikaf di Masjidil Haram. Aaamiiin ya Rabbal”alamiin 😍

 

 

Insyaallah nanti saya buatkan group yang ingin ikut itikaf 10full di Masjidil Haram.

 

Selepas pulang dari tanah suci ya.

 

Yang penting sekarang niat dulu, sambil nabung 😊

 

🤔lg iseng kepikiran..

Habis punya kantor barengan langsung deeh bikin tabungan barengan u.i’tikaf barengan….😍Aamiin…insyaallah biar bisa masuk syurga juga barengan

Segera Daftarkan Diri Anda dan Keluarga Sekarang..!!

Shafana Travel

PT Shafana Royal Wisata
Jl. K.H.M Yusuf Raya No. 20
Mekarjaya, Depok - Jawa Barat

Phone: 021-2761-3238
WA: 0811 111 6559

travel umroh jakarta

Copyright 2018 Shafana.co.id.

Designed by IM212
Call: 0811-111-6559